Pengertian framework



Framework yang berarti kerangka kerja dalam bahasa indonesia, adalah sebuah aplikasi untuk memudahkan programer untuk membuat sebuah software atau aplikasi yang berisi berbagai konsep, fungsi dan plugin yang tersusun membentuk sebuah sistem tertentu. Sehingga dengan menggunakan framework akan menhasilkan sebuah aplikasi yang terususun dan terstruktur dengan rapi.

Dengan menggunakan framework programer dapat menggunakan variabel dan fungsi yang terdapat para framework tersebut, namun bukan berarti dengan menggunakan framework kita bebas dari pengkodean, hanya saja perkerjaan menjadi lebih efektif karena tidak harus membuat dari awal fungsi-fungsi lagi.

Sebagai contoh pada saat saya mendapat project membangun sebuah portal website, saya mengejakannya dari awal mendesign sampai membuat sistem semua konsep dan fungsi harus dibuat mulai awal dari navigasi, menu, postingan, halaman login dan sebagainya sampai menjadi sebuah portal website.

Kemudian client yang memesan portal website tersebut merasa puas dengan hasil project yang dibuat tadi, kemudian client tersebut memesan kembali sebuah project baru sebuah aplikasi pekerja berbasis web. Dimulailah pembuatan aplikasi perkerja tersebut dan saya menyadari bahwa ada beberapa fungsi pada aplikasi perkerja juga terdapat pada portal website yang sudah pernah saya buat.

Jika kita menggunakan framework tentu saja hal tersebut dapat dihindari dikarenakan programer tidak perlu lagi membuat/menuliskan fungsi-fungsi tersebut hanya cukup dengan menggunakan/memanggil fungsi-fungsi tersebut yang sudah disediakan oleh framework. Sehingga perkerjaan menjadi lebih cepat dan efektif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Recipe: Delicious Es kopi nutrijel

Recipe: Delicious Juice Mangga Nutrijel #ketopad_cp_minumanketo

How to Cook Appetizing Es susu jeli pepaya